Teknik : membuat soft light pada foto


category : photography



Hai blogger,

Kali ini saya ingin share atau berbagi pengalaman seputar editing foto. Seperti biasa, selain berbagi pengalaman saya juga ingin menjadikan ini sebagai buku catatan. Jadi, klo lupa tinggal buka blog saja hehe.. 

Oke, di topik pembahasan sekarang saya mau berbagi perihal editing foto di photoshop. Dan kali ini saya akan bercerita mengenai cara membuat foto soft light. Foto soft light itu sendiri memang sedang menjadi trend-trendnya untuk foto model atau foto art lainya. Sebenarnya cara simple pun ada seperti di instagram, path atau aplikasi editng foto di handphone pun sekarang banyak macamnya. Tapi itu semua kembali lagi kepada kita masing-masing. Klo saya masih senang bereksperimen di photoshop karna ya tidak semua aplikasi yang ada bisa mencakup apa yang kita mau.

Sekarang saya akan mencoba share salah satu foto model saya, dan inilah penampakan foto aslinya 


Dan ini adalah hasil editan saya







Bagaimana? haha.. sebenernya mengedit dalam foto itu adalah selera dari setiap orang. Ada yang berpendapat jelek, sangat jelek, biasa, bahkan sangat bagus. Semua kembali lagi ke selera.

Format foto ini aslinya ada RAW, atau biasa di bilang foto mentah. Ya, saya memang penggemar dari RAW karena format ini sangat sangat membantu jika hasil foto keterangan atau kegelapan kita bisa menikan atau menurunkan brightness sesuka kita dengan hasil yang tidak noise.

Setau saya untuk photoshop CS5 kebawah dia belom support ke RAW, jadi biasanya bisa di buka melalui adobe photoshop lightroom kemudia di export ke dalam format JPG atau JPEG. Tapi jika kalian mempunyai versi CS6 kalian sudah bisa membuka foto format RAW disana. 


Teknik-tekniknya adalah :

1. Jangan lupa untuk selalu membuat duplicate saat mengedit, hal ini dilakukan agar saat kita salah mengedit foto dan ingin mengulang dari awal, tinggal di hapus saja editanya dan tidak merusak hasil foto asli. Saat menduplikat file nama akan berubah nama menjadi background copy



2.  Membersihkan wajah yang berjerawat pada model, orang orang yang ada di belakang model.




3. Pilih option Image > Adjustments > Curve atau cepatnya seperti pada gambar di bawah



Setelah memilih, kita akan di hadapkan pada RGB. RGB itu sendiri terdiri dari warna Red, Green, Blue. Tapi kali ini kita akan mencoba mengedit untuk warna blue dan red. Hal ini karena saya ingin memberi warna yang lebih dominan pada warna biru dan warna merah (kembali keselera anda).


Pada warna biru dan merah tersebut, saya memakai taraf sampai seperti gambar di bawah ini




4. Pilih option Image > Adjustments > Gradient Map atau cepatnya seperti pada gambar di bawah


hasil foto akan tampak hitam dan putih. Setelah itu pilih gradient editor 

Pada gradient ini kita ingin merubah warna ada warna yang paling terang dan paling gelap. Terang berwarna putih dan gelap berwarna hitam. Dan melalui gradient ini kita akan mengubah warnanya agar tidak hitam dan putih.



Double klik panah colour stop pada bagian bawah, dan akan muncul layar tampilan seperti ini :

setelah di klik, pilihlah warna hitam kebiruan atau code warnanya adalah 0a2059 dan klik OK. Selanjutnya sebaliknya pada warna hitam juga panah bagian bawah colour stop di double klik dan pilih warna Orange tua atau code warnanya faa538.

Kemudian kembali klik OK. akan menghasilkan foto perpaduan warna biru tua dan orang tua. Sesudah itu masih pada layer gradient, pilihlah layer dengan taraf loft light. Maka akan menghasilkan foto seperti ini :



Tahap selanjutnya adalah menduplicate kembali layer gradient map dengan taraf  linear dodge (add) dan opacity sebesar 28%.



4. Pilih option Image > Adjustments > Colour balance atau cepatnya seperti pada gambar di bawah


Pada tone colour terdiri dari 3 bagian shadows, midtones dan highlights. Pada bagian shadows, jangan lupa untuk menghilangkan checklist pada preserve luminosity.






5. Pilih option Image > Adjustments > Selective color atau cepatnya seperti pada gambar di bawah


pada selective color saya hanya bermain di warna red 

 ( ini kembali ke sesuai selera anda seberapa mau dan bagus warna yang ingin di tampilkan) 


6. Pada tahap ini saya mencoba memberi cahaya matahari.. ya memang di foto awal tidak ada cahaya matahari.. saya memberi kesan matahari ini supaya tidak terlihat kosong saja fotonya. Jadi membuat layer baru yang masih kosong ( Layer > New > Layer )

setelah itu memilih warna kuning atau orange yang menggambarkan seperti cahaya warna matahari, aktifkan brush dan pilih soft brush dan pakailah size yang besar serta intensitas opacity 65% dan flow 61% seperti gambar di bawah ini.




Klik satu kali pada salah satu titik yang akan di jadikan letak cahaya matahari.




jika sudah, lakukan hal sama untuk lebih menentukan sumber matahari. Caranya adalah memilih warna yang lebih terang dari sebelumnya. Untuk ukuran size brush harus lebih kecil di bandingkan sebelumnya.





Klik dan letakan pada tengah-tengah yang menjadi sumber cahaya utama.



Jika sudah pada layer tersebut pilihlah pin light


hasilnya akan seperti ini



Jika pada hasil ini anda merasa terasa bahwa warna merah terlalu dominan, anda bisa menurunkan opacity layer sampai anda merasa cukup pas. Jika anda merasa bahwa skin tone pada model manjadi ikut merah atau gelap karena layer ini, anda juga bisa manghapusnya di bagian warna kulitnya saja dengan menggunakan vector (klik option add vector mask).



Setelah itu pilih brush warna hitam dan hapuslah warna merah pada kulit .


7. Tahap terakhir ini saya membuat layer baru dan memainkan brush dengan soft brush dan menggunakan warna merah.. serta oppacity layer yang hanya 45%. Hal ini saya gunakan untuk menambah efek pada rumput yang ada di foto.





And Done :)

Comments

Popular posts from this blog

strobist light or natural light ?

Teknik : Penempatan Flash Saat Bermain Strobist